-
-
-

Senin, 18 Februari 2013

apa itu al-din? pengertian al-din



      Konsep Al-Din
Al-Din merupakan istilah yang banyak terdapat dalam Alquran. Di dalam Alquran, terdapat lebih kurang 101 ayat yang menyebutkan istilah ini. Istilah ad-din berasal dari bahasa Arab yang merupakan bentuk masdar dari kata kerja dana-yadinu. Menurut bahasa Arab arti asalnya adalah hutang atau memberi pinjaman. Kemudian diartikan pula dengan: taat, balasan, adat, pahala, ibadah, ketentuan, paksaan, tekanan, kerajaan, pengaturan, perhitungan, undang-undang, hukum, tauhid, hari kiamat, perjalanan hidup, siasat, wara’, nasehat, keputusan, tunduk, dan agama. Dengan demikian arti ad-din amat luas sekali.

Sebagian besar ayat Alqur’an menunjukkan kata din dengan arti agama. Tetapi pada ayat-ayat lainnya, istilah din juga menunjuk kepada makna-makna yang berbeda dari arti agama. Alqur’an sendiri memakainya dalam berbagai arti, seperti: hari akhirat (S. Alfatihah 3), agama (S. Ali Imran 19), hari kiamat (S.Alhijr 35), balasan (S. Azzariyat 6), dan sebagainya.
Makna yang terlahirkan dalam istilah din pada umumnya selalu diartikan sebagai agama. Din , sebagaimana dipahami masyarakat awam adalah istilah yang terlalu terbatas untuk mendeskripsikan sebuah agama atau beberapa agama selain dari agama Islam. Pengkonsentrasian istilah din kepada makna agama itu, membuat istilah ini menjadi terbatas dan kaku. Pembahasan mengenai istilah din jarang menunjuk kepada penafsiran luas yang seharusnya dapat memberikan pemikiran filosofis dan pandangan dunia yang dapat diterapkan dalam kehidupan umat Islam. Keterbatasan dalam memahami makna din terlihat jelas pada kurangnya literatur-literatur yang membahas secara mendalam mengenai makna din. Istilah Din bukanlah suatu istilah yang bermakna sederhana dan terbatas hanya sekedar untuk mendefenisikan agama. din merupakan sebuah istilah yang memiliki konsepsi yang luas. Walaupun kata din memiliki banyak arti pokok, yang nampaknya berlawanan satu sama lain, secara konseptual masih saling berhubungan sehingga makna akhir yang berasal daripadanya semua tertampilkan sebagai suatu kesatuan dari keseluruhan yang jelas.
Deskripsi Islam adalah din yang mencakup gagasan yang lebih luas dari sekedar sebuah ajaran atau agama. Istilah din memiliki landasannya dalam sebuah ayat Alquran yang sangat fundamental yang dikenal sebagai ayat perjanjian, di mana jiwa-jiwa anak Adam, keturunan anak Adam dihadapkan kepada Tuhan, dan di mana Tuhan kemudian mengajak mereka untuk mengakui ketuhanan-Nya dan mereka pun mengakuinya. Ini sudah menyiratkan suatu perjanjian yang mereka buat bersama Tuhan, yaitu mengakui dan bersaksi bahwa Dia adalah Tuhan, suatu perjanjian yang dibuat dalam keadaan jiwa pra-ada itu.
Ketika mereka ada sebagai manusia di atas bumi, mereka yang ingat akan perjanjian itu berarti melaksanakan kehidupan mereka sesuai dengan yang telah mereka akui dan persaksikan tersebut.
Oleh karena itu, din dalam konsep religiusnya adalah suatu sistem ajaran yang menyiratkan semacam ketundukan kepada Tuhan. Kendatipun demikian, yang lebih fundamental daripada ketundukan itu adalah adanya perasaan berhutang dalam ruh manusia karena Tuhan telah membawa manusia dari alam pra-ada kepada ada. Ia juga berarti bahwa manusia harus memahami tujuan hidupnya di dunia ini. Dengan beragama Islam, manusia dapat mengenal kembali Tuhan melalui segala ciptaan-Nya.
Al-Din  juga bisa disebut sekumpulan pesan ketuhanan yang diterima oleh Nabi Muhammad SAW untuk disampaikan kepada manusia sebagai petunjuk perjalanan hidupnya semenjak lahir sampai mati. Bagian bagian pokok Din terdiri dari Aqidah (Iman), Syari’ah (Yurisprudensi) dan Akhlaq (Ihsan).

0 komentar:

Poskan Komentar

◄ Newer Post Older Post ►