-
-
-

Minggu, 17 Februari 2013

pengertian dan penyusun utama sel hidup


Sel adalah penyusun dari setiap makhluk hidup. Pada setiap sel itu terdiri dari   berbagai komponen kimia yang di butuhkan oleh setiap makhluk hidup tersebut. manusia saja itu terdiri dari berjuata juta sel yang menyusun.  Sel itu mempunyai tugas yang berbeda-beda. Semua sel dalam tubuh kita saling bekeja sama supaya tubuh kita dapat terkoordinasi dengan baik.
Senyawa kimia penyusun sel disebut protoplasma.
Komponen-komponen yang menyusun sel antara lain :.
Berikut adalah penyusun sel
1. Air
Air di dalam tubuh satu sel itu kira-kira  sekitar 80% – 85%.
air ini berguna untuk melarutkan vitamin yang larut dalam air yaitu vitamin B dan C. sertamelarutkan zat-zat lain serta untuk mengatur suhu tubuh
2. Elektrolit
Elektrolit merupakan salah satu zat penyusun sel yang sangat penting karena apabila tidak ada zat ini kehidupan sel tidak akan sehat dan mungkin tidak akan hidup.
3. Protein
Protein ini merupakan unsur kimia yang menyusun sel yang paling banyak  jumlahnya. unsur yang menyusun sel itu sendiri antara lain atom C,  H,  O,  dan  N.
setiap 1 gram protein itu setara dengan 4,1 kalori .
4. Lemak
Lemak yang berada di dalam sel itu tersusun atas  atom C,  H,  dan  O. di dalam lemak tersebut terdiri dari 2 jenis yaitu asam lemak dan gliserol
setiap 1 gram lemak itu setara dengan 9,2 kalori

selain itu lemak juga berguna untuk melarutkan zat vitamin yaitu vitamin A, D, E dan K
5. Karbohidrat
Karbohidrat merupakan sumber energi utama dari sel, struktur karbohidrat sama dengan penyusun dari lemak yaitu atom C, H dan O. lemak sendiri di bagi menjadi tiga kelompok yaitu
a. Polisakarida  merupakan komponen penyusun permukaan luar membran sel. disebut polisakarida karena karbohidrat ini terdiri dari banyak rangkaian. karbohidrat yang masuk jenis polisakarida antara lain amilum dan selulosa.
b. Disakarida merupakan karbohidrat yang terdiri dari 2 cabang, yang masuk karbohidrat jenis ini antara lain maltose dan sukrosa.
c. Monosakarida merupakan karbohidrat yang tidak memiliki cabang karbohidrat jenis ini antara lain glukosa (karbohidrat yang berada pada tumbuh tumbuhan), fruktosa (karbohidrat jenis ini banyak di temui pada buah buahan), dan laktosa (merupaka karbohidrat yang berada pada susu)
itulah sedikit gambaran dari sel yang merupakan penyusun dari semua makhluk hidup

0 komentar:

Poskan Komentar

◄ Newer Post Older Post ►